MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS
A. Bentuk
dasar Komunikasi
Komunikasi
adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu system
yang biasa (lazim) baik dengan symbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku
atau tindakan. Pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau
lebih dengan menggunakan cara-cara berkomunikasi yang biasa dilakukan oleh
seseorang seperti melalui iklan, tulisan maupun sinyal-sinyal nonverval.
Bentuk
dasar komunikasi adalah :
- Komunikasi verbal
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim
digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain melalui
tulisan maupun lisan. Bentuk komunikasi ini memiliki struktur yang teratur dan
terorganisasi dengan baik.
Contoh komunikasi verbal :
Ø
Membuat dan mengirim
surat teguran kepada nasabah yang menunggak pembayarannya
Ø
Membuat dan mengirim
surat penawaran harga barang kepada pihak lain
Ø
Membuat dan mengirim
surat konfirmasi barang kepada pelanggan
Ø
Membuat dan mengirim
surat aduan (claim) kepada pihak lain
Ø Membuat dan mengirim surat
penolakan kerja
Ø Membuat dan mengirim surat
kontrak kerja kepada pihak lain
Ø Berdiskusi dalam suatu tim
kerja
Ø Melakukan wawancara kerja
dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan
Ø dll
- Komunikasi nonverbal
Bentuk yang
paling mendasar dalam komunikasi bisnis asdalah komunikasi nonverbal. Menurut
teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah
menggunakangerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi
dengan orang lain. Bentuk komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang
terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari.
Berikut ini
adalah contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal:
Ø
Menggerakkan gigi
untuk menunjukkan kemarahan ( dalam bahas jawa disebut getem-getem)
Ø
Mengerutkan dahi
untuk menunjukkan seseorang sedang berpikir
Ø
Gambar pria atau
wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai
dengan jenis kelamin
Ø
Berpangku tangan
untuk menunjukkan seseorang sedang melamun
Ø
Tersenyum dan
berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang , simpati dan
penghormatan.
Ø
Membuang muka untuk
menunjjukan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
Ø
Dll
- Pentingnya Komunikasi Nonverbal
Salah satu kebaikan atau keunggulan komunikasi nonverbal adalah
kesahihannya (reliabilitas). Hal ini
berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan
yang disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat. Secara umum orang akan mudah menipu
orang lain dengan menggunakan kata-kata daripada menggunakan gerakan tubuh
(bahasa isyarat). Komunikasi nonverbal penting artinya terutama dalam
menyampaikan perasaan dan emosi, mendeteksi kecurangan atau kejujuran serta sifatnya yang efisien.
Dengan memperhatikan isyarat nonverbal, seseorang dapat mendeteksi kecurangan
atau menegaskan kejujuran pengiriman pesan.
Tujuan komunikasi nonverbal :
Memberi informasi
Mengatur alur percakapan
Ekspresi Emosi
Memberi sifat melengkapi
pesan-pesan verbal
Mempengaruhi orang lain
Mempengaruhi tugas khusus
B. Proses Komunikasi
Proses komunikasi terdiri dari 6 tahap:
a. Pengiriman mempunyai suatu
ide atau gagasan
b. Pengiriman mengubah ide
menjadi suatu pesan
c. Pengiriman menyampaikan pesan
d. Penerima menerima pesan
e. Penerima menafsirkan pesan
f. Penerima memberi tanggapan dan
mengirim umpan balik kepada pengirim
No comments:
Post a Comment