Hubungan Komunikasi
Untuk
mencapai tujuan suatu organisasi, diperlukan adanya suatu proses komunikasi
yang dapat mentransfer pesan-pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara umum
komunikasi mempunyai dua fungsi penting dalam organisasi yaitu :
- komunikasi memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar informasi
- komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dalam organisasi yang terpisah dari anggota lainnya.
Umumnya organisasi sangat tergantung pada komunikasi
untuk mencapai tujuannya.
Berikut adalah kegiatan organisasi yang berkaitan dengan
pertukaran informasi :
- Menetapkan tujuan
- Membuat dan melaksanakan keputusan
- Mengukur prestasi kerja
- Merekrut dan mengembangkan staf
- Pelayanan pelanggan
- Negoisasi dengan Pemasok
- Membuat produk
- Berinteraksi dengan peraturan yang ada
Pola Komunikasi
Secara umum pola komunikasi dapat dibedakan ke dalam
saluran komunikasi formal dan saluran komunikasi non formal. Yang dibahas dalam
komunikasi formal adalah :
- Komunikasi dari atas ke bawah
- Komunikasi dari bawah ke atas
- Komunikasi horizontal
- Komunikasi diagonal
- Keterbatas komunikasi formal
Saluran
Komunikasi Informal
Dalam jaringan komunikasi informal, orang-orang yang ada
dalam suatu organisasi tanpa mempedulikan jenjang hierarkhi , pangkat dan
kedudukan /jabatan dapat berkomunikasi secara luas, meskipun hal yang
diperbincangkan bersifat umum, seperti mengobrol tentang keluarga, humor atau
sinetron dsb.
Cara Mengelola
Komunikasi
Dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal mengelola
komunikasi, pertama bagaimana menagani pesan-pesan yang bersifat rutin, kedua
bagaimana menangani krisis komunikasi.
Komunikasi yang merupakan keterkaitan antara
individu-individu dengan organisasi mempunyai peranan yang cukup penting bagi
berjalannya fungsi-fungsi dalam suatu organisasi. Beberapa kegiatan
organisasional yang ada dalam
suatu organisasi mencakup penentuan tujuan, pengambilan keputusan, pengukuran
hasil kerja, pengembangan staf, keterkaitan dengan konsumen, negosiasi dengan
pemasok, menghasilkan produk, dan interaksi dengan peraturan yang ada.
Meningkatkan
keterampilan Komunikasi
Beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam
komunikasi bisnis :
- membaca
- mendengar
- percakapan menarik
- wawancara
- berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil
- berpidato dan presentasi
- menulis surat, memo, dan laporan.
No comments:
Post a Comment