Tuesday, January 8, 2013

Investasi Jangka Panjang


Investasi Jangka Panjang



Investasi jangka panjang merupakan investasi yang perputarannya lebih dari satu tahun.  Biasanya perusahaan mewujudkan dalam bentuk investasi aktiva tetap.  Karakteristik dari investasi aktiva tetap ini adalah memerlukan jumlah dana yang cukup besar dan perputarannya lebih dari satu tahun.  Untuk itu sebelum melakukan investasi ini perlu dilakukan analisis apakah rencana investasi aktiva tetap tersebut menguntungkan atau tidak.  Untuk menganalis tersebut dapat digunakan metode :
  1. Net Present Value (NPV)
  2. Payback
  3. Internal Rate of Return (IRR)
  4. Average Rate of Return (ARR)

<!..more..>

Metode NPV

Metode ini merupakan model yang memperhitungkan pola cash flows keseluruhan dari suatu investasi, dalam kaitannya dengan waktu, berdasarkan discount rate tertentu.

Terdapat  beberapa dasar pengertian yang perlu dipahami terlebih dahulu, yaitu :
1.    Pengertian Present Value, Present value adalah nilai sekarang, untuk menentukan beberapa nilai sekarang perlu digunakan discount rate atau tingkat keuntungan yang diharapkan.
Misalnya : Suatu investasi diharapkan selama 3 tahun mendatang akan menghasilkan keuntungan rata-rata Rp1.000.000,00 per tahun. Apabila tingkat discount ratenya 10 %  maka nilai sekarang dari keuntungan tersebut adalah.
PV  1 =  Rp1.000.000,00 X 0,909  *) = Rp   909.000,00
PV  2 =  Rp1.000.000,00 X 0,826 = Rp   826.000,00
PV  3 =  Rp1.000.000,00 X 0,751 = Rp   751.000,00
---------------------------
Total  Present Value = Rp2.486.000,00

*)  Untuk menentukan discount faktor pada discount rate10 % lihat tabel A1

Jadi nilai sekarang dari penerimaan Rp1.000.000,00 per tahun selama 3 tahun adalah Rp2.486.000,00

2.     Pengertian cash flow
Cash flow atau proceed atau net cash flows adalah laba setelah pajak (EAT) + depresiasi.

 3.   Pengertian Net Investment (Outlay) 
 merupakan sejumlah dana yang digunakan untuk investasi

Rumus NPV   =  PV net cash flow – PV net investment

Kriteria yang dipakai untuk menolak atau menerima suatu investasi dengan menggunakan metode NPV adalah investasi yang menghasilkan NPV positif dan terbesar. 

Payback

Metode ini mengukur berapa lama waktu yang dubutuhkan untuk mengembalikan investasi semula, melalui proceed yang dihasilkan dalam setiap periode.  Untuk itu metode ini sering disebut metode yang paling sederhana, karena tidak memperhitungkan konsep nilai waktu uang  (time value of money), sehingga cash flows tidak dikaitkan dengan discount rate tertentu.
Metode payback tersebut dapat juga dimodifikasi agar agar tidak timbul kelemahan, yaitu dengan jalan memperhitungkan memperhitungkan konsep nilai waktu uang  (time value of money), sehingga pola cash flows dikalikan dengan discount ratenya.  Metode ini disebut metode Payback period yang didiskontokan.

Internal Rate of Return (IRR)
Prinsip dari metode ini adalah bagaimana menentukan discount rate yang dapat mempersamakan present value dari proceed dengan outlay atau net investment, sehingga pada keadaan ini NPV = 0.
Sehubungan dengan hal tersebut ada hubungan antara konsep NPV dengan IRR,  Konsep NPV, mencari NPV pada discount rate tertentu, sedangkan konsep IRR justru mencari discount rate yang diinginkan

No comments:

Post a Comment

Post a Comment