Friday, April 5, 2013

STRATEGI PEMASARAN UNTUK PASAR BARU,PASAR SEDANG BERTUMBUH DAN PASAR YANG TELAH DEWASA DAN MENURUN .



1.STRATEGI PEMASARAN UNTUK PASAR BARU

A.PRODUK BARU
Menurut Walker,boyd,mullins dan larreche ( 2003 ) BOOz,Allen dan Hamilton membagi produk baru  menjadi 6 golongan
1.     Baru sama sekali ( New-to-the-world products ) inovasi baru dan menciptakan pasar baru .
2.     Lini produk baru : Produk baru bagi perusahaan tai tidak bagi pasar.
3.     Tambahan pada lini produk yang sudah ada , item2 baru yang melengkapi lini  produk , item bias baru bagi produsen dan konsumen,untuk memperluas pasar.
4.     Peningkatan atau revisi produk saat ini , item dg nilai lebih tinggi untuk mengganti produk saaat ini .
5.     Repositioning , produk saat ini di aplikasi baru dg segmen pasar baru.
6.     Penurunan biaya ,modifikasi produk yg memberikan kinerja yg sama tetapi dg biaya yg rendah
<!...more >
B. First Entry dan Late entry
      1. fisrt entry keuntungannya
            a. Menjadi pilihan pertama
            b. Menentukan aturan permainan
            c. Keuntungan distribusi
            d. Skala Ekonomi Pengalaman
            e. Biaya pelatihan
            f. Kemungkinan adanya efeck jaringan positif.
            g.Peluang memperoleh hak eksklusif ats sumber daya langka.
      2. Keunungan Late Entry
            a. Kemampuan mengambil keuntungan dari kesalahan Positioning Pionir.
            b. Kesempatan memperoleh keuntungn dari kesalahan Pionir.
            c. Kesempatan memperoleh keuntungan dari kesalahan Pemasaran  
                pionir.
            d. Kemampan memperole keuntungan dari Teknologi terbaru.
            Kemampuan memeproleh keuntungan dari keterbatasan pionir.
C Program pemasaran Strategis untuk Pionir.
a.     penetrasi pasar massal ( untuk seluruh bagian pasar )
b.     Penetrasi Ceruk ( untuk seluruh bagian pasar )
c.      Strategi skimming dan keluar cepat .( Untuk pengadopsi cepat )

2. STARTEGI PEMASARAN UNTUK PASAR YANG SEDANG BERTUMBUH
A. Strategi pemasaran untuk pemimpin pasar .
            Sasaran utamamnya mempertahankan pangsa pasar.dengan jalan
-       Mengusahakan agar konsumen melakukan pembelian ulang
-       Memperoleh porsi terbesar dari pelanggan2 baru yang membeli produk pertama kali.
Pada strategy ini mengunakan strategi perang, serang menyerang.

Ada 5 strategi bertahan menurut Walker et al ( 2003 )
-       pertahanan posisi
-       strategi pertahanan sisi
-       strategi konfrontasi
-       strategi ekspansi pasar
-       strategy kontraksi atau menarik diri.

B. Strategi penantang pasar.
            Ada 5 strategi dalam menyerang untuk penantang pasar.
-       serangan frontal ( frontal attack )
-       serangan loncat katak ( leapfrog)
-       serangan sisi ( flanking attack )
-       serangan mengepung ( encirclement attactk)
-       serangan geriliya ( guerlilla attack )
3. STRATEGI PADA PASAR YANG TELAH DEWASA
            Diarahkan 2 tujuan yaitu :
1.     Strategi mempertahankan pangsa pasar
2.     Strategi melanjutkan pertumbuhan Volume.
Meningkatkan pertumbuhan penjualan ada 2 strategi :
-       Strategi peningkatan penetrasi ( increased penetration strategy )
-       Strategi perluasan penggunaan ( extended use strategy )
-       Strategi extansi pasar ( market expansion strategy )

4.STRATEGI PEMASARAN PADA PASAR YANG MENURUN
            3 aspek pasar yang perlu diperhatikan yaitu :
-       Keadaan permintaan ( codition of demand )
-       Hambatan keluar ( exit barrier )
-       Intetitas permusuhan dimasa depan  ( intensity of future rivalry )
-       Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa.
Pada tahap ini ada 2 strategi pada perusahaan yang tersisa :
1.     Memanen ( harvesting )
2.     Mempertahankan ( maintenance )
3.     Pemain yang Untung ( Profitable survivor )
4.     Ceruk ( niche )












STRATEGI PEMASARAN PADA ERA EKONOMI BARU DAN PASAR GLOBAL

A.     STRATEGI PEMASARAN PADA ERA EKONOMI BARU
WALKER ET AL ( 2003 ) Mencatat ekonomi baru memiliki berbagai kelebihan  yaitu :
1.     Sindikasi informasi.
2.     Efek positif jaringan
3.     Kemampuan mengkastemisasi  tawaran secara personal.
4.     Distermediasi dan restrukturisasi saluran distribusi.
5.     Jangkauan  global dan 24 jam .

     B . ECERAN TRADISIONAL VERSUS ECERAN INTERNET .
            Eceran tradisional adalaha eceran yang belum menggunakan internet
            Seperti toko.
C.     PROSES PENGALAMAN KONSUMEN.
D.    PERTANYAAN –PERTANYAAN KRITIS DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN
1.     Dapatkah kita mendigitalis semua tahap dalam prose’s pengalaman konsumen ?
2.     Dapatkah perusahaan kita yang pertama dn melekat di hati konsumen ?
3.     Seberapa penting informasi bagi kedua belah pihak ?
4.     Apakah alat2 ekonomi baru efektif dan efisien kalau dibandingkan dengan solusi lain?
E.     STRATEGI PEMASARAN UNTUK PASAR GLOBAL
1.     Alasan go internasional ( stauble 2000 )
-       Memperoleh kesempatan pasar dan meningkatkan keuntungan .
-       Meningkatkan skala ekonomi.
-       Memperpanjang daur hidup produk.
-       Mengurangi persaingan.
2.     Strategi memasuki Pasar Internasional ( entry mode )
5 strategi yang digunakan perusahaan untuk emasuki pasar internasional :
1.     ekspor ( export )
2.     lisensi ( Licencing )
3.     Franchising
4.     Joint venture
5.     Penanaman langsung ( direct investment )










PENGEMBANGN ORGANISASI YANG DIGERAKKAN OLEH PASAR SERTA IMPLEMENTASI DAN PENGENDALIAN STRATEGI PEMASARAN .

1.     PENGEMBANGAN ORGANISASI YANG DIGERAKKAN OLEH PASAR

Pada saat manajer membangun dan mengembangkan struksur mereka terlibat dalam desing organisasi meliputi 6 elemen yaitu :
-       Spesialisasi pekerjaan
-       Departementalisasi
-       Formalisasi
-       Strategi dan struktur
2.     FAKTOR2 YANG MEMPENGARUHI RANGCANGAN ORGANISASI
a.     Strategi
b.     Ukuran
c.      Teknologi
d.     Ketidak pastian lingkungan
3.     DESIGN UMUM ORGANISASI
1.     Design organisasi tradisional
Terdiri dari 3 design umum yaitu struktur sederhana, fungsional,divisional .
2.     Design organisasi kontemporer
Meliputi struktur tim ( team structur ), structur matrik s dan proyek,
      4.  OPSI-OPSI DESAIN BERORIENTASI PADA PEMASARAN
1. Desain berpusat pada produk
2. Desain berpusat pada pasar
3. Desain matriks

A.     IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN
Implementasi pemasaran mencakup 4 hal :
-       kegiatan yang mau di implementasikan
-       Bgaimana implementasi di lakukan
-       Siapa yang bertanggung jawab terhadap implementasi
-       Kapan dan dimana implementasi dilakukan

Kualitas implementasi tergantung oada 7 faktor yaitu :
-       Nilai dan tujuan yang diyakini bersama .
-       Struktur pemasaran
-       System dan prose’s
-       Sumber daya.
-       Orang-orang
-       Kepemimpinan

4 pendekatan yang dilakukan manajer dalam menggerakkan implementasi :
-       pendekatan perintah
-       pendekatan perubahan
-       pendekatan consensus
-       pendekatan budaya .

pengendlian pemasaran terdiri dari :
-       formal yaitu dapat dilakukan dalam input,prose’s dan output
-       Informal dapat dilakukan dg pengendalian diri karyawan,pengendalian social dan pengendalian budaya.


No comments:

Post a Comment