Tugas Utama manajer pemasaran yang pokok meliputi 3 hal pokok :
1. Mendapatkan pelanggan atau konsumen
2. Mempertahankan pelanggan seumur hidup
3. Menanggapi perubahan lingkungan termasuk persaingan .
<!...more>
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam pemasaran ( KOTTLER dan KELLER ,2007,h.13-14 ) :
1. Perubahan tekhnologi
2. globalisasi
3. Deregulasi
4. Privatisasi
5. Pemberdayaan pelanggan.
6. Customisation
7. Persaingan
8. Konvergensi Industri
9. Transformasi retail
10. Disintermediasi .
Perubahan dalam manajemen pemasaran ( KOTTLER dan KELLER ,2006,h.27-29 ) :
1. Dari pemasaran melakukan pemasaran ke setiap orang melakukan pemasaran.
2. Dari pengorganisasian berdasarkan produk ke organisasian berdasarkan segmen pelanggan
3. dari segi produksi segalanya ke membeli barang dan jasa lebih banyak dari pihak luar
4. dari menggunakan banyak pemasok ke bekerja dengan lebih sedikit pemasok dalam kerangka kemitraan.
5. dari penekanan pada posisi pasar lama ke pasar baru yang belum terliput
6. Dari penekanan pada aset kentara ke penekanan pada aset tidak kentara
7. Dari membangun merek melalui periklanan ke membangun merek melalui kinerja dan komunikasi terpadu
8. dari menarik pelanggan melalui toko dan tenaga penjualan ke penyediaan produk secara online
9. Dari penjualan kepada setiap orang ke pengupayaan menjadi perusahaan terbaik yang melayani pasar yang ditentukan dengan baik.
10. Dari penekanan dan transaksi yang menguntungkan ke penekanan pada customer life value.
11. dari penekanan pada perolehan pangsa pasar ke penekanan pada marketing scorecard.
12. dari menjadi lokal ke menjadi global dan local
13. dari penekanan pada financial scorecard ke penekan pada marketing scorecard.
14. Dari penekanan pada pemegang saham atau pemilik ke penekanan pada stakeholder.
Penyesuaian permintaan sebagai tugas manajer pemasaran.(( KOTTLER dan KELLER ,2006,h.10) :
a. Keadaan permintaan b. Tugas Pemasaran
1. Permintaan Negatif 1. Positifkan permintaan
2. Tidak ada permintaan 2. Ciptakan permintaan
3. Permintaan tersembunyi 3. Kembang kan permintaan
4. Permintaan Menurun 4. Tingkatkan permintaan
5. Permintaan tidak teratur 5. Selaraskan permintaan
6. Permintaan penuh 6. Pertahan kan permintaan
7. Permintaan berlebihan 7. Kurangi permintaan
8. Permintaan tidak sehat 8. Tiadakan permintaan
Proses penyampaian Nilai
1. Menganalisis peluang pemasaran untuk mengindentifikasi kebutuhan pelanggan
Peluang yang ada dapat dibedakan dalam 2 macam peluang :
a. Peluang pasar atau peluang lingkungan
adalah peluang nilai, yang mana muncul dalam setiap perekonomian bilamana masih
terdapat kebutuhan yang belum terpenuhi.
b. Peluang perusahaan
Peluang ini dapat dinikmati oleh perusahaan bila memiliki keunggulan dibanding dengan
para pesaingnya. keungulan itu dapat berupa kemampuan :
- meningkatkan kualitas
- menawarkan lebih banyak varian produk
- Menekankan biaya menjadi lebih rendah
- menetapkan harga lebih rendah
- Menggunakan beberapa alternatif saluran distribusi
- Melakukan upaya promosi yang lebih aktif
- Mengerahkan lebih banyak tenaga penjualan
2. Perencanaan pemasaran strategis
a. Perencanaan Perusahan
Mencakup penetuan tujuan umum perusahaan dalam jangka panjang dan pengembangan
strategi jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Perencanaan Pemasaran
Perencanaan pemasaran mencakup pengembangan program jangka panjang untuk
masalah-masalah yang luas yang terkait dalam bauran pemasaran (4P atau 7 P )
3. Rencana Pemasaran Tahunan
Mencerminkan proses pemasaran dalam satu priode ( 1 tahun )
PROSES PERENCANAAN STRATEGIS
1. Menganalisis situasi
2. Menetapkan tujuan
3. Memilih strategi dan taktik
4. Mengevaluasi hasil
TUJUAN PERUSAHAAN
1. Tujuan Umum
Mencakup laba dan kepuasan pelanggan
2. Tujuan khusus
kegunaan tujuan khusus :
a. menentukan peranan individu di dalam organisasi
b. mempertahankan adanya keseimbangan dalam pengambilan keputusan dari para manajer
c. dipakai sebagai dasar dalam perencanaan khusus
d. mendorong pelaksanaan kegiatan
e. dijadikan dasar dalam mengambil tindakan koreksi dan pengawasan
tujuan khusus meliputi :
- Meningkatkan kualitas produk
- Memperluas pasar
- Mendapatkan laba dalam jangka pendek
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
terdiri dari 3 tahapan :
1. Memilih konsumen atau pelanggan sasaran
2. Mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka
3. Menentukan bauran pemasaran .
MERUMUSKAN PROGRAM PEMASARAN
Manajer perlu pengembangan program tertulis dalam bentuk sasaran , anggaran,dan penentuan tugas.masalah2 pokok yang digunan manajer dalam mengembangkan program pemasaran
a. Target penjualan
b. Angaran pemasaran
c. Alokasi bauran pemasaran
d. Penetapan Harga
e. Alokasi angaran pemasaran pada masing-masing produk.
PENGIMPLEMENTASIAN RENCANA PEMASARAN
1. Pengorganisasian Pemasaran
2. penerapan
PENGENDALIAN PEMASARAN
ada 3 tahapan :
1. Mengetahui apa yang terjadi , fakta yang di peroleh manajemen dapat membandingkan hasil rill dengan rencananya
2. Mengetahui mengapa hal itu terjadi
3. Menentukan tindakan selanjutnya.
STRATEGI PEMASARAN
perbedaan antara strategi,tujuan dan taktik perusahaan .
a. strategi perusahaan adalah Suatu rencana yang diutamakan perusahaan untuk mencapai tujuan.( memilih kelompok konsumen sasaran, mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, menetapkan bauran pemasaran yang sesuai untuk mereka )
b. Tujuan perusahaan adalah memberikan kepuasan pada kelompok pembeli dan masyarakatyang lain dalam pertukaran untuk mendapatkan sejumlah laba ,atau rasio antara penghasilan dan biaya yang menguntungkan
c. taktik perusahaan adalah tahap-tahap atau langkah tertentu yang dilakukan untuk melaksanakan strategi ( jenis produk,lini produk,bauran produk , harga akhir potongan, jalur distribusi,jenis dan jumlah penyalur,bauran proposional )
No comments:
Post a Comment