Sunday, March 10, 2013

MANAJEMEN PEMASARAN

Pemasaran
Definisi Pemasaran menurut KOTTLER dan KELLER(2006,h.6 )
adalah Suatau proses Kemasyarakatan yang melibatkan individu-Individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan ,penawaran ,dan pertukaran secara bebas produk dan jasa dengan pihak lain.

<!...Read more >


Unsur-unsur pokok Pemasaran :
1. Kebutuhan,keinginan dan permintaan .
2. Produk ( barang,jasa dan ide atau kombinasinya )
3. Nilai,biaya dan kepuasan
4. Pertukaran dan interaksi
5. Hubungan dan jaringan
6. Pasar
7. Pemasar dan calon pembeli.

Manajemen Pemasaran
Defenisi Manajemen Pemasaran menurut KOTTLER dan KELLER  ( 2006,h.6 )
adalah Seni dan Ilmu memilih Pasar sasaran dan mendapatkan ,mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan,penyanpaian dan pengomunikasian nilai pelanggan superior.
Nilai Pelanggan merupakan estimasi pelanggan tentang kapasitas produkuntuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

RUMUS  : Nilai pelanggan = manfaat-pengorbanan (
                 Customer value = Benefit - Cost

Proporsi nilai ( Value proporsition ) adalah sejumlah manfaat secara menyeluruh yang di janjikan oleh pemasar untuk disampaikan pada pelanggan . ( KOTTLER dan KELLER )

Peran Pemasaran dalam Organisasi
Terdapat 3 jenjang manajerial :
1. Manajerial puncak
2. Manajerial Madya
3. Manajerial Operasional

dilihat dari organisasional terdapat 3 jenjang :
1. Jenjang korporat ( pemasaran korporat ) terdapat 3 peran
     - mengutamakan pandangan pelanggan
     - Menganalisa kebutuhan dan persyaratan pelanggan ,penawaran kompetitif yang potensial
     - Mengenbangkan nilai perusahan yang mencerminkan kebutuhan pelanggan.
2. Jenjang Unit bisnis Strategis ( Pemasaran strategis )
    - Menentukan  cara2 dalam bersaing di bisnisdengan melakukan analisis pesaing dan
      sumber perusahaan secara lebih cermat.
    - Memutuskan kapan dan Bagaimana melakukan kemitraan.
3. Jenjang Operasional atau Fungsional ( Manajemen Pemasaran )
   - Merumuskan dan Mengimplementasi program pemasaran yang didasari pada bauran
     pemasaran ( marketing Mix )
   - Mengelola hubungan yang harmonis dengan pelanggan dn penyalur.

No comments:

Post a Comment